Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang

Hayati, Radiatil (2024) Pembuatan Model E-book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_RADIATIL_HAYATI_20016099_2703_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan model ebook interaktif berbasis kearifan lokal yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan). Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau yang biasa dikenal dengan metode penelitian campuran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang. Tahap pendefinisian merupakan tahap awal pembuatan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal. Pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep atau materi. Berdasarkan hasil analisis, e-book yang akan dirancang terdiri atas enam materi, yaitu memahami teks laporan hasil observasi, menentukan topik dan gagasan teks laporan hasil observasi, menemukan data, mengenal struktur, mengidentifikasi jenis paragraf dalam teks laporan hasil observasi, dan mengevaluasi tanda baca dan penulisan kata berbahasa asing dan daerah. Sesuai rumusan kurikulum, setiap kegiatan sesuai dengan pendekatan project based learning, yaitu pertanyaan mendasar, perencanaan projek, penyusunan jadwal, pemonitoringan kemajuan projek, penilaian hasil projek, dan evalusi/refleksi. Sesuai dengan rumusan kurikulum, setiap kegiatan dilengkapi dengan projek. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk keterampilan membaca teks laporan hasil observasi adalah valid. Hal tersebut dapat dilihat dari validitas model pembelajaran ini yang memperoleh nilai validitas sebesar 93,65 % dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakan isi diperoleh nilai validitas sebesar 94 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan diperoleh nilai validitas sebesar 90 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 96,6 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kegrafikaan, diperoleh nilai validitas sebesar 94 % dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas, dapat disimpulkan bahwa model e-book interaktif berbasis kearifan lokal dengan pendekatan project based learning untuk pembelajaran keterampilan membaca teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Padang dapat dikatakan sudah valid untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:56
Last Modified: 22 Apr 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51305

Actions (login required)

View Item View Item