Pembuatan Model E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang

Etri, Gia Juli (2023) Pembuatan Model E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_GIA_JULI_ETRI_20016154_2581_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan model ebook interaktif yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, kegrafikaan). Jenis penelitian ini adalah mixed methods atau metode penelitian campuran. Model yang digunakan adalah model 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Tahap pendefinisian merupakan tahap awal pembuatan model e-book interaktif berbasis kearifan lokal. Tahap ini dilakukan analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis konsep/materi. Berdasarkan hasil analisis, e-book yang akan dirancang terdiri atas lima kegiatan pembelajaran, yaitu mengenal teks berita, menemukan unsur teks berita, menemukan struktur teks berita, mengidentifikasi kaidah kebahasaan teks berita, dan menyimpulkan isi teks berita. Sesuai rumusan kurikulum setiap kegiatan harus dilengkapi dengan pendekatan project based learning seperti pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, penyusunan jadwal, pemonitoran kemajuan proyek, penilaian hasil proyek, refleksi atau evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk keterampilan membaca teks berita adalah valid. Hal ini dapat dilihat dari validitas sebesar 93,77% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, berdasarkan aspek kelayakan isi, diperoleh nilai validitas sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan kebahasaan, diperoleh nilai validitas sebesar 92,5% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakan penyajian, diperoleh nilai validitas sebesar 96,6% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan aspek kelayakaan kegrafikaan, diperoleh nilai validitas sebesar 94% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil validitas, dapat disimpulkan bahwa model e-book interaktif berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran keterampilan membaca teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang dapat dinyatakan sudah valid untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel olvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:56
Last Modified: 22 Apr 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51304

Actions (login required)

View Item View Item