Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbantuan Teknik Reportase Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita

Zikri, Atika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbantuan Teknik Reportase Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_01_ATIKA_ZIKRI_20016008_2551_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, mendeskripsikan keterampilanmenulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sebelummenggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan teknik reportase. Kedua, mendeskripsikan keterampilan meulis teksberita siswa kelas VIII Negeri 15 Padang setelah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan teknikreportase. Ketiga, menganalisis pengaruh model pembelajaran student facilitatorand explaining (SFAE) berbantuan teknik reportase terhadap keterampilanmenulis teks berita siswa kelas VIII Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisisdeskriptif. Desain penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padangyang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 219 orang dan terbagi menjadi 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposivesampling kelas VIII.3 yang berjumlah 31 siswa dengan nilai rata-rata 72.90. Datadalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks beritasebelum menggunakan model student facilitator and explaning (SFAE) danskor hasil tes keterampilan menulis teks berita sesudah menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaning (SFAE). Selanjutnya datadianalisis dengan rumus mengubak skor menjadi nilai, rara-rata hitungketerampilan, uji persyaratan analisis dan uji-t Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, Siswa kelas VIII SMP Negeri 15Padang mencapai kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan menulis tekssebelum menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining(SFAE) berbantuan teknik reportase, dengan nilai rata-rata 51,88 , dikategorikanLebih dari Cukup (LdC). Kedua, Siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padangmencapai kualifikasi Baik (B) dalam menulis teks berita setelah menggunakanmodel pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan teknikreportase. Nilai rata-rata 81,18. Ketiga, hasil uji hipotesis alternative (H1) diterimadengan taraf signifikan 95% dan dk=(n-1) ((8,20>1,67). Penggunaan model student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan teknik reportaseberpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks berita siswakelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Corrector.Atmazaki, .AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:55
Last Modified: 22 Apr 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51303

Actions (login required)

View Item View Item