Pengaruh Penerapan Model Reading to Learn (R2L) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 6 Sawahlunto

Dewanti, Afifah (2023) Pengaruh Penerapan Model Reading to Learn (R2L) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 6 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Afifah_Dewanti_19029066_91_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan salah satu kunci dalam menghadapi kompetisi global. Namun pada faktanya kemampuan literasi matematika peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan mengenai rendahnya kemampuan literasi matematika peserta didik adalah menerapkan model Reading to Learn (R2L). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan model Reading to Learn (R2L) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik serta menganalisa dan mendeskripsikan apakah kemampuan literasi matematika peserta didik yang belajar dengan model Reading to Learn (R2L) lebih baik daripada kemampuan literasi matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Sawahlunto tahun ajaran 2023/2024 dengan kelas IX.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan literasi matematika peserta didik. Data nilai kuis dianalisis berdasarkan persentase skor peserta didik per indikator. Data nilai tes dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa secara umum perkembangan kemampuan literasi matematika peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat dampak penerapan model pembelajaran Reading to Leran (R2L) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik. Kemudian, berdasarkan hasil uji hipotesis, terlihat bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Reading to Learn (R2L) lebih baik daripada kemampuan literasi matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reading to Learn (R2L) terhadap kemampuan literasi matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:11
Last Modified: 22 Apr 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51301

Actions (login required)

View Item View Item