Pengembangan E-Modul Termokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Fase F

Jupinta, Agusri (2024) Pengembangan E-Modul Termokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Fase F. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_AGUSRI_JUPINTA_17035055_1728_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian Educational Design Research bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif, berupa e-modul Termokimia berbasis guided discovery learning dan menentukan validitasnya. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Plomp, yang terdiri dari tiga tahap yakni: preliminary research, prototyping phase, assessment phase. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket one to one evaluation. E-modul divalidasi oleh lima validator, yakni tiga dosen dan dua Guru Kimia. Angket one to one evaluation diisi oleh tiga orang peserta didik kelas XII F. Hasil validitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Didapatkan hasil penelitian nilai rata-rata Aiken’s V e-modul sebesar 0,92 dengan kategori Valid. Hasil one to one evaluations menunjukan bahwa e- modul yang dibuat sudah bagus, menarik, jelas, dan mudah dipahami. Penelitian dilakukan sampai tahap prototyping stage dan dihasilkan prototype III yang valid. Berdasaran hasil penelitian disimpulkan bahwa, e-modul termokimia berbasis guided discovery learning untuk fase F kelas XI SMA/MA yang dikembangkan valid dan penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji praktikalitas dan efektifitas, sehingga diperoleh e-modul yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:38
Last Modified: 22 Apr 2024 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51281

Actions (login required)

View Item View Item