Jupinta, Agusri
(2024)
Pengembangan E-Modul Termokimia Berbasis
Guided Discovery Learning untuk Fase F.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian Educational Design Research bertujuan untuk mengembangkan bahan
ajar interaktif, berupa e-modul Termokimia berbasis guided discovery learning
dan menentukan validitasnya. Model pengembangan yang digunakan adalah
Model Plomp, yang terdiri dari tiga tahap yakni: preliminary research,
prototyping phase, assessment phase. Instrumen yang digunakan yaitu lembar
validasi dan angket one to one evaluation. E-modul divalidasi oleh lima validator,
yakni tiga dosen dan dua Guru Kimia. Angket one to one evaluation diisi oleh tiga
orang peserta didik kelas XII F. Hasil validitas dianalisis menggunakan formula
Aiken’s V. Didapatkan hasil penelitian nilai rata-rata Aiken’s V e-modul sebesar
0,92 dengan kategori Valid. Hasil one to one evaluations menunjukan bahwa e-
modul yang dibuat sudah bagus, menarik, jelas, dan mudah dipahami. Penelitian
dilakukan sampai tahap prototyping stage dan dihasilkan prototype III yang valid.
Berdasaran hasil penelitian disimpulkan bahwa, e-modul termokimia berbasis
guided discovery learning untuk fase F kelas XI SMA/MA yang dikembangkan
valid dan penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji praktikalitas dan efektifitas,
sehingga diperoleh e-modul yang valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |