Studi Tinjauan Deskriptif Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang

Frismelly, Arinda (2023) Studi Tinjauan Deskriptif Kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ARINDA_FRISMELLY_20138008_456_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan professional terbaik dibidangnya. Instintusi pendidikan tidak dapat mencapai tujuan tersebut dengan sendirinya, perlu keikutsertaan masyarakat. Keadaan seperti ini memaksa pendidikan untuk terus peka terhadap kebutuhan masyarakat, tuntutan perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah serta untuk mengantisipasinya dengan terus memperbaiki berbagai komponen terkait didalamnya. Salah satu komponen yang terkait didalam kerangka sistem pendidikan ialah kurikulum. Sesuai permendikbud RI No. 3 Th.2020 memberlakukan program kurikulum merdeka belajar-kampus merdeka maka kurikulum diharuskan untuk menyesuaikan kepada kebijakan pemerintah tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran, keadaan, suatu hal dengan cara mendeskripsikannya sedetail mungkin sesuai dengan fakta yang ada terhadap kurikulum Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini bertempat di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Pada penelitian ini menggunakan instrumen antara lain instrumen utama adalah peneliti sendiri. Setelah permasalahan jelas dan fokus, peneliti akan menggunakan beberapa instrumen pendukung yaitu pedoman wawancara, dan studi literatur berupa jurnal, buku serta kurikulum Universitas LPTK antara lain UNP, UNJ, dan UNY. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kurikulum program studi pendidikan teknik elektro memiliki karakteristik berdasarkan komposisi mata kuliah terdiri dari mata kuliah umum, mata kuliah keteknikan, dan mata kuliah keahlian profesi. Berdasarkan bahan kajianya, mata kuliah dapat dikelompokkan pada kelompok mata kuliah umum, mata kuliah kependidikan, mata kuliah wajib bidang teknik, mata kuliah dasar mata kuliah penunjang, serta mata kuliah tambahan. Menyesuaikan dengan ketentuan kurikulum MB-KM yaitu mewajibkan mahasiswa menempuh masa dan beban belajar minimal 4 semester atau setara dengan 84 sks maka dapat dipenuhi oleh mata kuliah basic science dan basic electrical. Mahasiswa diberikan hal belajar diluar program studi maksimal 20 sks atau 1 semester yang dipenuhi dengan kegiatan praktek lapangan kependidikan. Mahasiswa juga diberikan hak belajar diluar perguruan tinggi asal maksimal 2 semester atau 40 sks maka dapat dipenuhi dengan mata kuliah penunjang dan tambahan yang sudah dipilih oleh program studi asal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhaiyar, RikiUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:07
Last Modified: 19 Apr 2024 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51267

Actions (login required)

View Item View Item