Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional pada Mata Kuliah Analisis Kurikulum Pendidikan Dasar

Rama, Alzet (2023) Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional pada Mata Kuliah Analisis Kurikulum Pendidikan Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ALZET_RAMA_20138063_5330_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun sangatlah pesat, pada masa ini mahasiswa perlu hal baru serta teknologi agar mereka tidak susah dalam pendididikan. Proses pembelajaran membutuhkan dukungan dari salah satu media yang handal, media tersebut salah satunya dapat berupa modul pembelajaran. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya mengenai modul dimana masih terdapat beberapa kekurangan dari modul yang diteliti. Sehingga dibutuhkan pengembangan lebih lanjut terhadap modul yang diberikan dengan menambahkan isi modul menggunakan audio visual. Modul pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Flip PDF Professional, dimana pembelajaran menekankan pada ekosistem belajar peserta didik yang positif, kerja kelompok (kolaborasi), dan teknik evaluasi nyata (real evaluation). Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang pengembangan modul analisis kurikulum pendidikan teknologi meliputi uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D). Model yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan prinsip ADDIE, metode pengumpulan data melalui angket dan tes hasil belajar, analisis data diolah menggunakan pendekatan kuantitatif dari penerapan modul dan dideskripksikan melalui pendekatan kualititatif untuk meyimpulkan hasil penelitian, subjek penelitian terdiri dari dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap pengembangan modul berbasis web memenuhi kelayakan, ditinjau dari aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas. Hasil analisis aspek validitas pengembangan modul dari validator ahli materi adalah 94,39% dengan kriteria sangat valid, sedangkan dari validator ahli media adalah 82,86%, aspek praktikalitas pengembangan modul dari respon dosen pengampu skor persentase rata-rata 98,95% dan respon mahasiswa skor persentase rata-rata 87,88% dengan kriteria sangat praktis. Aspek efektifitas pengembangan modul dilihat dari tes kognitif hasil pembelajaran mahasiswa berupa pretest dan posttest dengan menggunakan rumus gain score. Hasil tes pengetahuan pada 24 mahasiswa dan mendapatkan nilai skor rata-rata yang baik sebesar 74,29%, sehingga mencapai kriteria sangat tinggi. Kesimpulan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis web ini mampu menarik perhatian mahasiswa dan membuat mahasiswa paham terhadap materi serta membuat mahasiswa mampu bekerjasama dalam berkelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmat, RusnardiUNSPECIFIED
CorrectorHuda, YasdinulUNSPECIFIED
CorrectorLapisa, RemonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:04
Last Modified: 19 Apr 2024 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51255

Actions (login required)

View Item View Item