Pengaruh Halal Destination Attributes dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kabupaten Tanah Datar

Oktavianti, Mega (2023) Pengaruh Halal Destination Attributes dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Wisatawan di Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_MEGA_OKTAVIANTI_19135106_8683_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh halal destination attributes dan perceived value di destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh halal destination attributes dan perceived value terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk asosiatif kausal. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tanah Datar. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas (halal destination attributes dan perceived value) dan variabel terikat (kepuasan wisatawan). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar. Responden penelitian ini berjumlah 271 orang yang diperoleh dengan teknik sampel purposive sampling. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran angket. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner ( angket), yang disusun menurut skala likert. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25.00 dan hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian adalah Halal destination attributes (X 1) pada destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar dalam kategori cukup baik dengan persentase 43, 17%. Perceived value (X2) pada destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar dalam kategori cukup baik dengan persentase 36,16%. Kepuasan wisatawan pada destinasi wisata Kabupaten Tanah Datar dalam kategori cukup baik dengan persentase 39,11%. Berdasarkan pengujian regresi liniear sederhana F 57,170 dengan sig 0,000 < 0,05 maka variabel halal destination attributes dan perceived value secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan wisatawan dengan nilai Adj. R Square 0,294. Halal destination attributes dan Perceived value mempengaruhi kepuasan wisatawan secara signifikan sebesar 29,4% dan 70,6% oleh faktor lainnya. Variabel halal destination attributes diperoleh nilai T 4,334 dengan signifikan 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh pengaruh yang signifikan antara halal destination attributes terhadap kepuasan wisatawan, variabel perceived value diperoleh nilai T 6,648 dengan sig 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh pengaruh yang signifikan antara perceived value dan kepuasan wisatawan. Selanjutnya diperoleh nilai koefisien regresi halal destination attributes sebesar 0,198 dengan sig 0,000 < 0,05 maksudnya disetiap peningkatan 1 satuan halal destination attributes bisa meningkatkan 0, 198 satuan kepuasan wisatawan. Nilai koefisien regresi perceived value sebesar 0,310 dengan sig 0,000 < 0,05 maksudnya setiap peningkatan 1 satuan perceived value bisa meningkatkan 0,310 satuan kepuasan wisatawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWulandari, Dwi PratiwiUNSPECIFIED
CorrectorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
CorrectorSurendra, RianUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2024 06:45
Last Modified: 19 Apr 2024 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51249

Actions (login required)

View Item View Item