Enjelina, Selvia Frety Yunia
(2023)
Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Berkebutuhan Khusus Autis Sentra PK-PLK Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Cendana Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Sekolah Luar Biasa (SLB) Cendana Rumbai Kota Pekanbaru merupakan salah satu
Lembaga Pendidikan yang melayani siswa dengan Berkebutuhan Khusus yang terletak di
komplek Enau PT. Chevron Pasific Indonesia Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai
Pesisir Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Pada proses pembelajaran seni tari anak Autis terdapat
permasalahan yang dihadapi guru terkait siswa penyandang Autis. Terdapat trik yang dilakukan
guru dalam membantu siswa Autis dalam menyelesaikan permasalahan belajarnya untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien yang disebut juga dengan Strategi
Pembelajaran. Namun, tidak banyak orang mengetahui strategi pembelajaran yang tepat untuk
pembelajaran seni tari siswa Autis, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Masalah
pembelajaran yang dihadapi oleh guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, strategi
dan kiat yang dilakukan oleh guru serta cara guru mengajarkan tari pada Anak Berkebutuhan
Khusus (ABK) Autis di SLB Cendana Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau berikut
komponen dalam strategi pembelajaran siswa Autis.
Penelitian ini merupakan jenis peneltiian kualitatif dengan analisis deskripftif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa studi kepustakaan baik itu berupa buku, penelitian
sebelumnya ataupun jurnal dan juga observasi lapangan, dan melalui wawancara yang
dilakukan langsung oleh peneliti kepada informan yang dianggap memiliki kontribusi terhadap
Pembelajaran Seni Tari di SLB Cendana Rumbai Kota Pekanbaru.
Temuan pada penelitian ini: 1). Permasalahan yang dihadapi guru dalam proses
pembelajaran seni tari di SMALB Cendana Rumbai antara lain tingkat konsentrasi yang
rendah, siswa Autis yang memperlihatkan perilaku negative (dieged), dan tidak dapat
melakukan komunikasi menyeluruh melainkan Individual. Terdapat usaha yang dilakukan guru
dalam menyelesaikan permasalahan siswa Autis ini salah satunya dengan melakukan
pendekatan secara psikis terhadap siswa Autis secara individual. 2). Peran guru dalam
menyelesaikan permasalahan pembelajaran anak Autis ini dengan mengolah strategi
pembelajaran dengan mempertimbangkan memiliki komponen – komponen yang menunjang
anak Autis dalam belajar seni tari, yang tentunya saja berbeda dengan strategi anak normal
pada umumnya. Komponen Strategi pembelajaran anak Autis yakni (1) Menganalisis pola
belajaran siswa Autis. (2) Merancang Pembelajaran. (3) Mempersiapkan Pembelajaran. (4)
Melaksanakan Proses Pembelajaran 5) Mengevaluasi Pembelajaran
Actions (login required)
|
View Item |