Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Berkebutuhan Khusus Autis Sentra PK-PLK Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Cendana Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Enjelina, Selvia Frety Yunia (2023) Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Berkebutuhan Khusus Autis Sentra PK-PLK Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Cendana Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SELVIA_FRETY_YUNIA_ENJELINA_21161057_6229_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB) Cendana Rumbai Kota Pekanbaru merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang melayani siswa dengan Berkebutuhan Khusus yang terletak di komplek Enau PT. Chevron Pasific Indonesia Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Pada proses pembelajaran seni tari anak Autis terdapat permasalahan yang dihadapi guru terkait siswa penyandang Autis. Terdapat trik yang dilakukan guru dalam membantu siswa Autis dalam menyelesaikan permasalahan belajarnya untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien yang disebut juga dengan Strategi Pembelajaran. Namun, tidak banyak orang mengetahui strategi pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran seni tari siswa Autis, Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, strategi dan kiat yang dilakukan oleh guru serta cara guru mengajarkan tari pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Autis di SLB Cendana Rumbai Kota Pekanbaru Provinsi Riau berikut komponen dalam strategi pembelajaran siswa Autis. Penelitian ini merupakan jenis peneltiian kualitatif dengan analisis deskripftif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi kepustakaan baik itu berupa buku, penelitian sebelumnya ataupun jurnal dan juga observasi lapangan, dan melalui wawancara yang dilakukan langsung oleh peneliti kepada informan yang dianggap memiliki kontribusi terhadap Pembelajaran Seni Tari di SLB Cendana Rumbai Kota Pekanbaru. Temuan pada penelitian ini: 1). Permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran seni tari di SMALB Cendana Rumbai antara lain tingkat konsentrasi yang rendah, siswa Autis yang memperlihatkan perilaku negative (dieged), dan tidak dapat melakukan komunikasi menyeluruh melainkan Individual. Terdapat usaha yang dilakukan guru dalam menyelesaikan permasalahan siswa Autis ini salah satunya dengan melakukan pendekatan secara psikis terhadap siswa Autis secara individual. 2). Peran guru dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran anak Autis ini dengan mengolah strategi pembelajaran dengan mempertimbangkan memiliki komponen – komponen yang menunjang anak Autis dalam belajar seni tari, yang tentunya saja berbeda dengan strategi anak normal pada umumnya. Komponen Strategi pembelajaran anak Autis yakni (1) Menganalisis pola belajaran siswa Autis. (2) Merancang Pembelajaran. (3) Mempersiapkan Pembelajaran. (4) Melaksanakan Proses Pembelajaran 5) Mengevaluasi Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Apr 2024 01:19
Last Modified: 19 Apr 2024 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51243

Actions (login required)

View Item View Item