Pengembangan Media Video Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran Batik Tulis di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang

Fadhillah, Fadhillah (2023) Pengembangan Media Video Berbasis Project Based Learning Dalam Pembelajaran Batik Tulis di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_FADHILLAH_21161067_2735_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan video berdasarkan tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas pengembangan media video berbasis Project Based Learning dalam pembelajaran batik tulis di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Develompment) disingkat menjadi R&D. Model pengembangan mengacu kepada teori Thiagarajan dalam kurniawan dkk. (2017:14) yang dikenal dengan 4-D (Four D) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Dalam penelitian ini melibatkan 6 orang ahli (validator) untuk melakukan validasi (penilaian) diantaranya yaitu 2 validator materi, 2 validator media, dan 2 validator kebahasaan. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru dan 23 orang peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang sebagai uji coba praktikalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil validasi, angket guru dan peserta didik. Penelitian ini mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan pada pembelajaran batik tulis di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang dengan rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu 93,89% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas respon guru dan peserta didik sebesar 87,33% dan 87,08% untuk skala kecil serta skala besar mendapatkan 88,81% dengan kategori praktis. Hasil respon guru dan peserta didik secara keseluruhan menunjukan tanggapan sangat baik karena digunakan tanpa kendala yang berakibat fatal dan dapat digunakan oleh peserta didik kelas XI di keahlian Kriya Tekstil Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Padang. Serta hasil efektivitas pada pengembangan media video yaitu hasil dari observasi lapangan, wawancara dan angket penelitian ditemukan bahwa ketertarikan peserta didik untuk belajar dengan media video berbasis Project Based Learning meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorBudiwirman, BudiwirmanUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:48
Last Modified: 18 Apr 2024 08:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51236

Actions (login required)

View Item View Item