Ersya, Zikry Latupasjana (2020) Panduan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Konseling Gestalt untuk Penurunan Agresivitas Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_18151052_1998_2021.pdf [thumbnail of B1_01_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_18151052_1998_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_01_ZIKRY_LATUPASJANA_ERSYA_18151052_1998_2021.pdf
Download (875kB)
Abstract
Agresivitas di kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan semakin 
meningkat. Layanan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan bimbingan
konseling di sekolah jarang dimanfaatkan untuk penurunan agresivitas. Sebagian
besar kegiatan bimbingan kelompok digunakan untuk menyelesaikan 
permasalahan belajar, pribadi, sosial dan karir. Penelitian ini bertujuan (1)
menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan 
konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa yang valid secara isi dan 
tampilan, (2) menghasilkan panduan pelaksanaan bimbingan kelompok 
menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa 
yang praktis digunakan oleh Guru Bimbingan dan Konseling, (3) Menghasilkan 
panduan layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan konseling 
Gestalt untuk penurunan agresivitas siswa di sekolah yang efektif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan 
model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation And Evaluation). 
Subyek penelitian remaja siswa SMK dan Guru BK di Sekolah. Validitas panduan 
dilakukan oleh enam ahli yang terkait dengan materi dan tampilan panduan 
layanan, serta uji keterpakaian dilakukan oleh tiga orang Guru BK. Data hasil 
penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kualitatif dan analisis 
nonparametrik dengan uji statistik Koefisien Kendall’s (W) dan uji Wilcoxon Rank 
Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Panduan layanan bimbingan
kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan 
agresivitas siswa di sekolah valid dengan tingkat kelayakan materi berada pada 
kategori layak dengan persentase 80% dan tampilan panduan berada pada kategori 
sangat layak dengan persentase 90,4%, (2) Panduan layanan bimbingan
kelompok menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk penurunan 
agresivitas siswa di sekolah praktis digunakan oleh Guru BK terlihat dari tingkat 
penggunaan panduan oleh Guru BK berada pada kategori sangat baik dengan 
persentase 93,3%. Adanya penurunan yang signifikan terhadap agresivitas siswa 
setelah implementasi panduan, artinya panduan tersebut dapat digunakan oleh 
Guru BK sebagai bahan pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok 
menggunakan pendekatan konseling Gestalt untuk upaya penurunan agresivitas 
siswa di sekolah
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | AGRESIVITAS, BIMBINGAN KELOMPOK, PENDEKATAN KONSELING GESTALT | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 | 
| Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP | 
| Date Deposited: | 08 Apr 2025 07:18 | 
| Last Modified: | 08 Apr 2025 07:18 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5117 | 
 
         