Yuridha, Merli
(2023)
Pengembangan Modul Elektronik Teks Eksposisi Berbasis Project Based Learning Kelas X Madrasah Aliyah.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian dilaksanakan untuk mengatasi keterbatasan bahan ajar Bahasa
Indonesia pada pembelajaran teks eksposisi siswa kelas X Madrasah Aliyah
Kabupaten Agam. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan
proses pengembangan modul elektronik pembelajaran teks eksposisi berbasis
model pembelajaran deduktif yang valid, praktis dan efektif. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teks eksposisi, modul elektronik,
pembelajaran berbasis modul deduktif, dan model pengembangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research &
Development). Model pengembangan yang diggunakan adalah 4-D (1)
Pendefinisian, (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Develop), dan
Penyebaran (Desseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah
Aliyah MUS V Suku Canduang yang berjumlah 30 orang. Data penelitian ini
terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui
pengisian angket validasi modul elektronik, angket praktikalitas modul elektronik,
lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi afektif siswa. Data
kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa menulis teks eksposisi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa modul elektronik teks eksposisi
berbasis Project Based Learning adalah valid, praktikalitas, dan efektivitas.
Praktikalitas modul elektronik oleh guru dan siswa 93.05 dan 85.5 dengan
kategori sangat praktis. Evektivitas modul elektronik berdasarkan nilai aspek
sikap sebesar 97.7 % dengan predikat A dan berkategori sangat efektif. Efektivitas
modul elektronik berdasarkan hasil belajar siswa untuk aspek kognitif dengan
predikat A dan 94%
Actions (login required)
|
View Item |