Pengaruh Video Pembelajaran Kinemaster dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X MAN Lima Puluh Kota

Ernawati, Ernawati (2023) Pengaruh Video Pembelajaran Kinemaster dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X MAN Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ERNAWATI_20174010_1040_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh hasil belajar menulis teks negosiasi antara siswa yang menggunakan video pembelajaran KineMaster dengan siswa yang menggunakan video diambil di Youtube, (2) perbedaan hasil belajar menulis teks negosiasi antara siswa yang dikelompokkan gaya belajarnya dengan siswa yang tidak dikelompokkan gaya belajarnya, dan (3) interaksi antara video pembelajaran KineMaster dengan gaya belajar terhadap hasil belajar menulis teks negosiasi siswa kelas X MAN lima Puluh kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dengan desain faktorial atau factorial design (2x2). Instrumen pengumpul data adalah angket gaya belajar dan tes keterampilan menulis teks negosiasi. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan video pembelajaran KineMaster lebih baik dari pada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan video pembelajaran diambil di Youtube . Hal ini dilihat dari nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan taraf nyata 0,05 dan data berdistribusi normal serta homogen maka Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar menulis teks negosiasi antara siswa yang menggunakan video pembelajaran KineMaster dengan siswa yang menggunakan video diambil di Youtube. Selanjutnya terdapat perbedaann yang signifikan hasil belajar menulis teks negosiasi antara siswa yang dikelompokkan gaya belajarnya dengan siswa yang tidak dikelompokkan gaya belajarnya. Kemudian terdapat interaksi yang signifikan antara video pembelajaran KineMaster dengan gaya belajar terhadap hasil menulis teks negosiasi. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran KineMaster dan gaya belajar audio, visual, dan kinestetik mempengaruhi hasil belajar menulis teks negosiasi siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:47
Last Modified: 04 Apr 2024 06:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51125

Actions (login required)

View Item View Item