Pengembangan E-Comic Berbasis Sosial Budaya untuk Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Profil pelajar Pancasila Anak Usia Dini

Isratati, Yosi (2023) Pengembangan E-Comic Berbasis Sosial Budaya untuk Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri Profil pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YOSI_ISRATATI_20330092_1639_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Anak kurang memiliki rasa empati dimana anak sering tidak respon apa yang terjadi disekitar mereka, Anak tidak mau berbagi, Anak tidak memahami konteks budaya yang ada disekitar mereka tinggal, Sekolah tidak memiliki media khusus dalam memberikan pembelajaran mengenal sosial budaya, Rendahnya pengetahuan anak tentang sosial budaya, Penyampaian informasi tentang sosial budaya dalam proses pembelajaran disampaikan oleh guru dengan metode ceramah tanpa menggunakan media khusus, Pembelajaran tentang sosial budaya dianggap pembelajaran kuno dan tidak maju dan oleh beberapa guru tidak di ajarkan ke anak, E-comic masih jarang digunakan untuk pembelajaran Anak Usia Dini, Pentingnya E-Comic yang menarik untuk Anak Usia Dini, pembelajaran yang berbasis sosial budaya sudah mulai terlihat akan tetapi belum terlaksana secara terstruktur dan guru belum menerapkan pendekatan yang bisa membuat anak tertarik untuk memahami sosial budaya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Comic Sosial Budaya agar dapat menanamkan nilai elemen jati diri Profil Pelajar Pancasila yang Valid, Praktis dan Rfektif. Jenis penelitian adalah model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi dari model pengembangan Borg and Gall. Penelitian dilakukan di TK Harapan kami,TK Mutiara Bunda,TK Budi Bhakti,dan TK Al husna Kecamatan Harau,Uji kelayakan dilakukan oleh validator ahli bahasa (88%), ahli Media (91%) dan ahli Materi (93%). Uji validasi yang dilakukan oleh validator rata-rata yang diperoleh 90,06% dengan kategori sangat valid. Untuk nilai kepraktisan media melalui angket respon guru yang diperoleh dengan rata-rata 84,2% dengan kategori sangat praktis, sedangkan untuk pengembangan elemen jati diri Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini yang terbentuk diperoleh 93,4% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Comic untuk capaian pembelajaran elemen jati diri Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:45
Last Modified: 04 Apr 2024 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51121

Actions (login required)

View Item View Item