Rani, Rani
(2024)
Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alat Peraga terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung di SMK Negeri 4 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini diangkat berdasarkan latar belakang belum tersedianya media pembelajaran pendukung pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung khusunya pada materi menerapkan prosedur pembuatan detail pondasi, sloof, kolom, dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mengasilkan produk yang valid, praktis, dan efektif serta berpengaruh pada peningkatan hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define, design, develop dan dissemination . Insrtumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi media pembelajaran untuk ahli media dan materi, angket praktikalitas media pembelajaran untuk Siswa, serta soal uji efektifitas media pembelajaran untuk Siswa. Hasil validasi media alat peraga detail pondasi, sloof, kolom, dan balok menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan sangat valid dengan tingkat kevalidan oleh media 1 sebesar 85,45%, ahli media 2 sebesar 85,45%, ahli media 3 sebesar 87,27%, ahli materi 1 sebesar 85,71% dengan kategori sangat valid; Praktikalitas media alat peraga detail pondasi, sloof, kolom dan balok berdasarkan penilaian Siswa sebesar 89,87% dengan kategori sangat praktis; Selanjutnya penilaian keefektifan dengan pengujian N-Gain Skor dengan nilai 36,6 % dengan kategori cukup efektif serta pengujian T- test terhadap Siswa mendapat nilai thitung > ttabel atau 5,812 > 1,741 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Menurut hasil penilaian keseluruhan media alat peraga, produk media pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan sangat valid, praktis, dan cukup efektif digunakan dalam pendukung proses pembelajaran, serta berpengaruh secara signifigkan terhadap peningkatan hasil belajar Konstruksi dan Utilitas Gedung.
Actions (login required)
|
View Item |