Pengembangan Video Media Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Rokan Hulu

Uzlah, Umi (2023) Pengembangan Video Media Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Rokan Hulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_UMI_UZLAH_20330054_6694_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kreativitas memiliki fungsi mengembangkan seluruh kemampuan potensi anak dalam menggambarkan perasaan serta memperoleh sesuatu yang baru berkaitan dengan proses pembelajarannya. Faktor penyebab kreativitas anak rendah adalah pemberian tugas yang terlalu banyak, karena hal seperti itu dapat membuat anak cepat lelah, dan memicu perasaan anak cepat bosan, sehingga membuat anak menjadi malas dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa video pembelajaran berbasis loose part untuk meningkatkan kreativitas pada anak di Taman Kanak-Kanak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan video Media loose part pada tahap analysis video pembelajaran berbasis loose part diperlukan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Tahap design, dengan menyusun indikator, subtema dan materi pembelajaran, kemudian merancang rencana pelaksanaan pembelajaran harian, pemilihan format video pembelajaran berbasis loose part, rancangan awal produk, proses produksi, dan pasca produksi video pembelajaran berbasis loose part. Tahap Development menghasilkan konten pengembangan media video pembelajaran berbasis loose part divalidasi oleh ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase 98,71%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 100%, validasi ahli instrumen budaya dinyatakan sangat valid dengan persentase 100%. Tahap Implementation, penerapan media video pembelajaran berbasis loose part dinyatakan sangat praktis dengan persentase 89% dan dinyatakan sangat efektif dengan persentase kelas B1 87,91% dan di kelas B2 84,16%. Tahap Evalution, video pembelajaran berbasis loose part dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan kraetiviats pada anak. Video pembelajaran berbasis loose part untuk meningkatkan kraetivitas pada anak usia dini dinyatakan sangat valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:45
Last Modified: 04 Apr 2024 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51097

Actions (login required)

View Item View Item