Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina

Hariyati, Sri Bunga (2023) Pengembangan Video Animasi terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak di Taman Kanak-Kanak Islam Shabrina. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SRI_BUNGA_HARIYATI_19330024_2179_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang ditemukan peneliti pada riset awal. Berdasarkan hasil observasi terlihat aspek kecerdasan interpersonal anak belum berkembang secara optimal. Hal tersebut terlihat dari fakta yang peneliti temukan dilapangan yaitu masih ada beberapa anak yang belum dapat berkomunikasi dengan baik, misalnya dalam mengucapkan kata tolong, minta maaf, terima kasih dan memberi salam. Kemudian ada beberapa anak yang tidak peduli dengan lingkungannya, seperti tidak mau berbagi makanan dan mainan dengan temannya, dan tidak peduli apabila temannya mengalami kesusahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah produk berupa video animasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Islam Shabrina Kecamatan Nanggalo Kota Padang, observasi yang dilakukan di kelas B1 dengan jumlah peserta didik 15 orang anak, kemudian pengumpulan data juga menggunakan angket untuk uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas, serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif yakni analisis statistik deskriptif dengan validasi skala likert. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pengembangan video animasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini dinyatakan sangat valid oleh para ahli seperti, validasi ahli materi dengan persentase 93,3%, validasi ahli media dinyatakan sangat valid dengan persentase 89,5%, Untuk hasil praktikalitas pengembangan video animasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dinyatakan sangat praktis, dengan hasil rata-rata persentase praktikalitas 98,8%. Untuk hasil persentase efektivitas anak diperoleh 90,8% yang dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan media video animasi untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak di Taman Kanak-kanak dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk anak usia 5-6 tahun

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:57
Last Modified: 03 Apr 2024 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51089

Actions (login required)

View Item View Item