Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS7 dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Maharani, Riqqah Annisa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash CS7 dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B1_1_RIQQAH_ANNISA_MAHARANI_21124021_7985_2023.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan belum tersedianya media pembelajaran di sekolah. Hal ini dikarenakan guru belum memanfaatkan media yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, terutama media pembelajaran berbasis IT, sedangkan di SDN 01 Sawahan tersedia listrik yang memadai, laptop dan LCD yang bisa digunakan oleh guru sebagai media dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan Adobe Flash CS7 yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan proses belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berbantuan aplikasi Adobe Flash CS7 untuk pembelajaran IPA di kelas IV sekolah dasar. Penelitian pengembangan merupakan metode yang diadopsi dalam penelitian ini. Ungkapan "penelitian dan pengembangan" digunakan. Tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi model ADDIE digunakan dalam pekerjaan ini. Subyek penelitian berjumlah 27 siswa yang merupakan validator instrumen, yaitu siswa kelas IV SDN 01 Sawahan dan siswa kelas IV SDN 05 Sawahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran adobe flash CS7 kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hasil kevalidan dapat dilihat dari segi validasi materi, bahasa dan media. Validasi berdasarkan ahli materi mendapat perolehan atau sangat valid, perolehan ahli bahasa sebesar 90,79% atau sangat valid, dan perolehan ahli media sebesar 87,50% atau sangat valid. Hasil praktikalitas dapat dilihat dari respon guru ialah 89,28% atau sangat praktis dan respon peserta didik ialah 91,08% atau sangat praktis. Sedangkan uji efektivitas berdasarkan N-gain memperoleh hasil sebesar 0,64 untuk kelas Eksperimen dan 0,48 untuk kelas Kontrol termasuk dalam kategori Sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran adobe flash CS7 kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErita, YeniUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorSukma, ElfiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:53
Last Modified: 03 Apr 2024 04:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51081

Actions (login required)

View Item View Item