Bahan Ajar E-Modul Pembuatan Busana Pesta Pada Elemen Persiapan Pembuatan Busana Untuk Siswa Kelas XI Desai dan Produksi Busana di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping.

Agustin, Vita Aulya (2024) Bahan Ajar E-Modul Pembuatan Busana Pesta Pada Elemen Persiapan Pembuatan Busana Untuk Siswa Kelas XI Desai dan Produksi Busana di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_1_VITA _AULYA _AGUSTIN_19075223_2253_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran Elemen Persiapan Pembuatan Busana pada materi Pembuatan Busana Pesta, dimana siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran terutama pada saat praktik. Hal ini dikarenakan sumber belajar atau bahan ajar terkait dengan mata pelajaran pembuatan busana pesta masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul yang praktis serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa dalam pembelajaran Elemen Persiapan Pembuatan Busana. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D. Model ini memiliki 4 tahap yaitu : tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun untuk tahap penyebaran (disseminate) tidak dapat dilakukan karena keterbatasan peneliti. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. E-Modul ini di uji validitasnya oleh 3 Orang validator yang 1 ahli media dan 2 ahli materi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Jenis dan sumber data menggunakan data primer. Data primer adalah data yang didapatkan secara langsung dari objek penelitian. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap e-modul Pembuatan Busana Pesta diperoleh skor 86,2% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil pratikalitas dengan guru pembina mata pelajaran Elemen Persiapan Pembuatan Busana didapat skor 92% kategori sangat praktis, pratikalitas 10 orang siswa kelompok kecil didapat skor 90% kategori sangat praktis, pratikalitas 23 orang siswa kelompok besar didapat skor 93% kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa e-modul ini dikatakan sudah layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran elemen persiapan pembuatan busana untuk siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, BUSANA PESTA, BAHAN AJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:58
Last Modified: 25 Apr 2024 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51059

Actions (login required)

View Item View Item