Pengembangan Multimedia Ispring Berbasis Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 1 Rambatan - Tanah Datar

Sari, Nurkemala (2023) Pengembangan Multimedia Ispring Berbasis Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 1 Rambatan - Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Nurkemala_Sari_18155006_994_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA khususnya materi struktur dan fungsi tumbuhan akan sangat terasa urgensinya karena sebagian besar materi pembelajaran yang akan disampaikan bersifat abstrak yang memerlukan adanya visualisasi. Sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pembelajaran khususnya pada materi struktur dan fungsi tumbuhan diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan visualisasi dan transfer materi dengan mudah dari pendidik kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan proses pengembangan multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri dan mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri atas lima yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi, angket, dan penilaian hasil belajar siswa. Subjek uji coba produk ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Rambatan semester ganjil 2022-2023 sebanyak 30 orang. Data kelayakan dan analisis praktikalitas yang digunakan adalah skala Likert. Analisis data efektivitas menggunakan Paired Sample t-test dan gain test. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) proses pengembangan multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas VIII ini sesuai dengan tahapan model ADDIE. (2) tingkat validitas produk multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas VIII dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 95,38% dengan kriteria sangat valid, dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 94,29% dengan kriteria sangat valid, dan dari ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid. (3) tingkat kepraktisan produk multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas VIII dari siswa sebesar 92,72% dengan kriteria sangat praktis dan dari guru sebesar 94% dengan kriteria sangat praktis. (4) tingkat keefektifan produk multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas VIII menunjukkan kriteria efektif. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh thitung (37,399) > ttabel (2,045), artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia ispring berbasis pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 1 Rambatan, Tanah Datar layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VIII sekolah menengah pertama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:28
Last Modified: 28 Mar 2024 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51051

Actions (login required)

View Item View Item