Pengaruh Penggunaan Media Audio Gerak dan Lagu Anak Ceria (GELARIA) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar dan Kemampuan Menyimak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Limau Manis Kampar

Arkas, Nelda (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Gerak dan Lagu Anak Ceria (GELARIA) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar dan Kemampuan Menyimak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Limau Manis Kampar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NELDA_ARKAS_20330062_6545_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak tidak mampu menjaga keseimbangan tubuhnya, anak juga belum mampu menjaga kelenturan seperti menirukan gerakan guru yang lebih kompleks, anak kurang mampu melambungkan bola dengan satu tangan dan menangkap bola dengan dua tangannya sedangkan juga ditemukan belum berkembangnya kemampuan menyimak anak yang mana ditemukan anak sulit untuk mengerti apa yang disampaikan oleh guru, anak juga kebingungan membedakan suara-suara yang didengar dan tidak dapat mengikuti perintah dengan seharusnya, anak juga belum bisa mengulangi kembali apa yang telah disampaikan guru. Perkembangan motorik kasar dan kemampuan menyimak seharusnya sudah berkembang pada diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan; (1) pengaruh penggunaan media audio gerak dan lagu (GELARIA) terhadap perkembangan motorik kasar di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Limau Manis Kampar, dan (2) pengaruh penggunaan media audio gerak dan lagu (GELARIA) terhadap kemampuan menyimak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Limau Manis Kampar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain faktorial dari modifikasi design true experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Limau Manis Kampar berusia 5-6 tahun yang berjumlah 30 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial penggunaan media audio GELARIA berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar, (2) secara parsial penggunaan media audio GELARIA berpengaruh terhadap kemampuan menyimak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan atau bersamaan antara penggunaan media audio gerak dan lagu Anak Ceria (GELARIA) Terhadap Perkembangan Motorik Kasar dan Kemampuan Menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:17
Last Modified: 28 Mar 2024 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51049

Actions (login required)

View Item View Item