Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kelas XI TPM 1 pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais dengan Menggunakan Penerapan Model Learning Cycle 5E di SMK Negeri 5 Padang

Tanjung, Jamal Dermawan (2024) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kelas XI TPM 1 pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais dengan Menggunakan Penerapan Model Learning Cycle 5E di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_JAMAL_DERMAWAN T_18067009_1366_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan siswa untuk dapat masuk dunia industri atau pendidikan yang lebih tinggi yang di bekali keterampilan yang relevan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan hasil belajar teknik mesin frais pendidikan vokasi dan keterlibatan siswa kelas XI di SMKN 5 Padang dengan menerapkan model Siklus Belajar Learning Cycle 5E yaitu engagment, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Penelitian ini dilakukan memakai metode penelitian classroom acton research, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI TPM (1) SMK Negeri 5 Padang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini adanya peningkatan progresif dalam aktivitas belajar dan hasil belajar (kognitif) peserta didik di seluruh siklus. Berdasarkan hasil penelitian, implementasi Learning Cycle 5E di pendidikan kejuruan berhasil menumbuhkan hasil belajar para siswa di aspek kognitif. Model ini memfasilitasi partisipasi aktif siswa dan eksplorasi materi pelajaran, sehingga terjadi peningkatan relatif signifikan yang sejumlah siswanya mencapai penguasaan materi. Hasil penelitian menampilkan keberhasilan pada peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa, yang mengarah kepada hasil belajar. Evaluasi dilakukan di tiap siklus dengan menggunakan soal soal ranah kognitif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa model Siklus Belajar LC 5E merupakan pendekatan yang efektif untuk mengajarkan mata pelajaran kejuruan, melampaui indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan. Sebagai hasilnya bahwa penelitian ini memiliki tingkat ketuntasan klasikal mencapai 87% untuk hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, melebihi batas kelulusan minimal 75%. Pada aktivitas belajar siswa memperoleh respon baik dengan persentase rata rata 80,15%, dan telah mencapai indikator keberhasilan untuk respon siswa minimal 80%. Maka dari itu, penelitian ini dengan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYufrizal, AUNSPECIFIED
CorrectorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:59
Last Modified: 28 Mar 2024 05:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51034

Actions (login required)

View Item View Item