Analisis Pelaksanaan Pelayanan Perencanaan Individual pada Aspek Karier di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ibu Harapan Bengkalis

Anan, Khairel (2023) Analisis Pelaksanaan Pelayanan Perencanaan Individual pada Aspek Karier di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ibu Harapan Bengkalis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_KHAIREL_ANAN_19151022_1325_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peserta didik di sekolah dasar memerlukan arahan dan bimbingan dalam memahami potensi diri serta pengetahuan tentang jenis-jenis sekolah lanjutan. Guru BK atau konselor perlu menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling pada pendidikan dasar agar potensi siswa terarah sesuai dengan harapan yang diinginkan. Kebanyakan siswa pada pendidikan dasar akan mengikuti arahan orangtua dalam membuat perencanaan karier. Hal ini sangat mengkhawatirkan karena karier akan diukur pada standar keinginan orangtua daripada mengoptimalkan kemampuan anak. Pemahaman karier siswa perlu diperkenalkan sejak dini agar siswa mampu memilih jenjang karier yang sesuai dengan potensi dirinya serta membuat perencanaan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Peneliti menganalisis pelaksanaan pelayanan perencanaan individual pada aspek karier siswa di SDIT Ibu Harapan Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis fenomenologi dengan 6 informan yang terdiri dari kepala sekolah, pelaksana pelayanan, guru kelas dan 3 orang sasaran pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis dokumen. Data dianalisis melalui 3 tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan perencanaanindividual pada aspek karier di SDIT Ibu Harapan Bengkalis belum optimal. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa aspek yang telah diteliti yaitu: (1) perencanaan, guru BK menggunakan observasi dalam menganalisis kebutuhan siswa namun observasi yang digunakan belum menggunakan panduan yang memadai, (2) pengorganisasian, guru BK melibatkan guru kelas dan Kepala Sekolah dalam melaksanakan pelayanan, akan tetapi Wakil Kurikulum dan Wakil Kesiswaan belum dilibatkan, (3) pelaksanaan, guru BK sudah melaksanakan pelayanan perencanaan individual pada aspek karier siswa akan tetapi pelayanan yang dilaksanakan belum memiliki strategi kegiatan pelayanan, seperti dengan bimbingan klasikal, konseling individual, konseling kelompok, bimbingan kelas besar, bimbingan kelompok, konsultasi, dan kolaborasi, (4) hasil, sasaran pelayanan belum memiliki perencanaan yang matang dalam mengembangkan potensi diri maupun dalam memilih sekolah lanjutan (5) evaluasi, tindak lanjut dan pelaporan, guru BK memfokuskan pada evaluasi hasil dengan memberikan kuesioner motivasi belajar, sikap, dan pengetahuan. Guru BK melaksanakan tindak lanjut namun belum memiliki rancangan dan tujuan. Pada aspek pelaporan belum dilaksanakan guru BK dikarenakan memfokuskan pada kegiatan pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Mar 2024 00:45
Last Modified: 28 Mar 2024 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51022

Actions (login required)

View Item View Item