Perancangan Sistem Informasi Lowongan Kerja untuk Pendidikan Menengah Kejuruan Berbasis Web (Studi Kasus SMK Negeri 2 Padang)

Putra, Fikri Pratama (2024) Perancangan Sistem Informasi Lowongan Kerja untuk Pendidikan Menengah Kejuruan Berbasis Web (Studi Kasus SMK Negeri 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Fikri_Pratama_Putra_17076060_1921_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Hubungan Mitra Kerja merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk meningkatkan kerja sama antara SMK Negeri 2 Padang dan mitra industri dalam mendukung pendidikan menengah kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi yang memungkinkan sekolah dan mitra kerja berkomunikasi secara efektif, berbagi informasi, serta melacak perkembangan kerja sama. Penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak sekolah dan mitra kerja, serta observasi terhadap proses kerja sama yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi yang diimplementasikan dapat memfasilitasi pertukaran informasi dan komunikasi yang lebih efisien antara SMK dan mitra kerja. Hal ini membantu meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan, penempatan siswa magang, serta pemantauan perkembangan siswa di dunia industri. Dengan demikian, sistem informasi ini memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan menengah kejuruan di SMK Negeri 2 Padang, meningkatkan hubungan mitra kerja, serta memberikan manfaat bagi siswa, guru, dan mitra industri. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan serupa dalam meningkatkan kerjasama dengan mitra kerja melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis web.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, Hadi KurniaUNSPECIFIED
CorrectorFarell, GeovanneUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:51
Last Modified: 27 Mar 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51019

Actions (login required)

View Item View Item