Hubungan Fasilitas Bengkel dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Wifa, Iklil (2024) Hubungan Fasilitas Bengkel dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Iklil_Wifa_19067090_1803_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Hubungan fasilitas bengkel dan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Pemesinan pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Frais di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Pada saat pembelajaran ditemukan beberapa fasilitas bengkel sudah tidak terpakai dan banyaknya siswa yang kurang memiliki kemauan dan kesadaran dalam mengikuti pelajaran dengan baik. Siswa tidak sepenuhnya memperhatikan arahan yang diberikan oleh guru dan hasil belajar siswa banyak yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sumatera Barat pada tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis metode Simple random sampling mengingat populasi dalam penelitian ini bersifat homogen. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh nilai (r) hitung fasilitas bengkel > r tabel sebesar (0,396 0,320) dengan taraf signifikan 5% dan nilai (r) hitung minat belajar > r tabel sebesar (0,396 0,320) dengan taraf signifikan 5%5%. Hal ini menjelaskan bahwa terdapat korelasi positif yang menunjukkan adanya hubungan fasilitas bengkel dan minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran teknik pemesinan frais dengan tingkat hubungan yang rendah dan korelasi tersebut signifikan karena p < 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorA, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorSyahri, BudiUNSPECIFIED
CorrectorAfnison, WandaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:35
Last Modified: 27 Mar 2024 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51017

Actions (login required)

View Item View Item