Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat

Syafitri, Intan Rahmayuni (2023) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Komitmen Guru terhadap Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_INTAN_RAHMAYUNI_SYAFITRI_21147072_5421_203.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan penulis mengenai masih rendahnya kompetensi profesional guruSMP Negeri di Kecamatan Padang Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi tentang (1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat, (2) Pengaruh komitmen guru terhadap kompetensi profesional guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat, dan (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen guru terhadap kompetensi profesional guru SMP Negeri di Kecamatan Padang Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan jenis asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pegawai Negeri Sipil yang mengajar di SMP Negeri Kecamatan Padang Barat yang berjumlah 124 orang guru. Alasan peneliti mengambil guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai populasi adalah karena guru PNS mempunyai pengalaman mengajar dan masa kerja yang melebihi dari guru honorer. Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Cochran dengan tingkat kesalahan 10% dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling diperoleh 63 orang guru. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala Liker yang memiliki 5 alternatif jawaban. Sebelum angket tersebut digunakan sudah dilakukan uji coba. Hasil uji validitas didapatkan 4 butir item yang gugur, yaitu pada variabel Y ada dua butir yaitu butir nomor 26 (0,414) dan butir nomor 42 (0,382), dan pada variabel X2 butir yang gugur adalah butir nomor 20 (0,386) dan butir nomor 37 (0,083). Untuk uji reliabilitas variabel Y yang mana hasil menunjukkan 0,978 dan variabel X1 sebesar 0,977 serta variabel X2 sebesar 0,980 yang mana keseluruhan hasil menunjukkan lebih besar dari rtabel = 0.444 maka ketiga variabel dikatakan reliabel. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 24. Hasil analisis deskriptif kompetensi profesional guru sebesar 80,66%, supervisi akademik kepala sekolah sebesar 80,79%, dan komitmen guru sebesar 80%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru sebesar 58%, terdapat pengaruh signifikan komitmen guru terhadap kompetensi profesional guru sebesar 35,4%, terdapat pengaruh signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah dan komitmen gurusecara bersama-sama terhadap kompetensi profesional guru sebesar 62,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
CorrectorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:38
Last Modified: 27 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51012

Actions (login required)

View Item View Item