“Pengembangan Modul Pembelajaran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motorik Kasar di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Ladang Panjang

Karmila, Desi (2023) “Pengembangan Modul Pembelajaran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Motorik Kasar di Taman Kanak-Kanak Pertiwi III Ladang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_Desi_Karmila_21330016_5136_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kurangnya minat peserta didik terhadap permainan tradisional dan perkembangan motorik kasar ada yang masih belum optimal seperti anak belum mampu melakukan koordinasi mata, kaki, tangan dan kepala. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan permainan tradisional yang dikemas dalam bentuk modul sebagai panduan untuk guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan, 2) Mengatahui respon guru dan peserta didik, 3) Mengetahui hasil uji coba permainan yang dikembangkan. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan hasil penyesuaian dari Robert Maribe Branch. Kegiatan yang dilakukan pada tahap penelitian ini meliputi: 1) Analisis, 2) Desain produk, 3) Pengembangan, 4) Pelaksanaan, 5) Evaluasi. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli, subjek uji coba adalah peserta didik di Taman Kanak-kanak Pertiwi III Ladang Panjang dengan tahap uji coba produk. Pengumpulan data dilakukan dengan angket kelayakan dan uji coba. Analisis data pada pengembangan ini dilakukan dengan Analisis validitas, Analisis praktikalitas, dan Analisis Uji Efektivitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh: 1) Hasil penilaian dari ahli materi dengan rata-rata 95,3% , ahli permainan dengan rata-rata 98%,, ahli media dengan rata-rata 98,4% (2) Hasil respon peserta didik dan guru sangat baik, (3) Hasil uji coba pada praktikalitas 94,5% sangat praktis. Hasil Uji efektivitas 77,2% dinyatakan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran permainan tradisional tentang materi permainan tradisional tema lingkungan, sub tema lingkungan sekolah layak digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorNurhafizah, NurhafizahUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:51
Last Modified: 26 Mar 2024 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50973

Actions (login required)

View Item View Item