Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Bubut di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Pratama, Yuhanda Dicky (2024) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Bubut di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_7_YUHANDA_DICKY_PRATAMA_19067035_1518_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Teknik Bubut, hal ini diduga karena pembelajaran yang kurang optimal dan kurangnya peran aktif siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran yang terpusat pada guru (Konvensional). Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan model pembelajaran Poject Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen Reseach, Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.Subjek dari penelitian ini terdiri dari duakelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen adalah kelas XI TPM 1 sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI TPM 2. Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hasil analisis data penelitian menunjukkan model pembelajaran project basedlearning secara signifikan lebih efektif dibandingkan model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif dan psikomotor dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, hasil analisis data nilai post test diuji dengan Uji independent sample t test diketahui nilai sig 0,024 artinya 0,024 < 0,005. Dari hasil tersebut dapat diketahui model pembelajaran project based learning ini berdampak terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
CorrectorAbadi, ZainalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, TEKNIK BUBUT, TEKNIK PEMESINAN
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Mar 2024 05:42
Last Modified: 26 Mar 2024 05:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50962

Actions (login required)

View Item View Item