Penanaman Nilai Akhlak Kepada Sesama Melalui Shalat Berjamaah di SDN 05 ATB Padang

Silvia, Silvia (2023) Penanaman Nilai Akhlak Kepada Sesama Melalui Shalat Berjamaah di SDN 05 ATB Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_07_SILVIA_19329046_7020_2023.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

Akhlak kepada sesama adalah hubungan horizontal antar manusia dan lingkungan harus dijalin dengan baik setelah menjalin hubungan dengan Tuhannya. Berakhlak baik dengan sesama adalah sebuah keharusan karena agar tercipta hubungan yang baik dan nyaman diantaranya. Hal ini juga menimbulkan rasa senang ketika akhlak mulia itu ada dalam diri seseorang dan berperilaku dengan orang lain serta lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap penanaman nilai akhlak kepada sesama melalui shalat berjamaah siswa di SDN 05 ATB Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber diambil dari 5 informan melalui wawancara. Empat orang tersebut yaitu satu orang guru PAI, satu orang wali kelas 5, dan tiga orang siswa kelas 5. Untuk memperoleh data peneliti, peneliti menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi sebagai instrumen penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data dan verification dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan didalam menanamkan nilai akhlak kepada sesama melalui shalat berjamaah di SDN 05 ATB Padang, yaitu: Pertama tahap transformasi nilai (memberikan informasi akhlak yang baik dan akhlak yang buruk dan memberikan dorongan untuk melakukan akhlak yang baik), pada tahap ini guru memberikan pemahaman kepada siswa mengenai keutamaan shalat berjamaah dan memberikan tugas agar pemahaman yang disampaikan dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. Tahap kedua yaitu tahap transaksi nilai merupakan (tahapan interaksi/ komunikasi dua antara siswa dan guru), pada tahap ini guru mengunakan metode pembiasaan dan metode percakapan, metode janji dan ancaman dan tahapan yang terakhir yaitu tahap transinternalisasi merupakan tahap penampilan guru dihadapkan siswa bukan lagi sosoknya, tetapi pada sikap mentalnya (kepribadiannya), tahap ini guru melakukan dengan metode uswah/keteladanan serta reward and punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl Ikhlas, Al IkhlasUNSPECIFIED
CorrectorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RenggaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instilling values, morals to others, congregational prayers
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:55
Last Modified: 26 Mar 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50946

Actions (login required)

View Item View Item