Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kelas X di SMAN 1 Padang Gelugur

Santika, Lia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kelas X di SMAN 1 Padang Gelugur. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_07_LIA_SANTIKA_19329167_7393_2023.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan proses belajar mengajar atau aktivitas pembelajaran. Proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru yang menyebabkan peserta didik kurang berinteraksi dan kurang aktif pada saat pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar peserta didik. Maka perlu diterapkan model pembelajaran yang bervariasi yang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga peserta didik bisa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seperti penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw.terhadap hasil belajar PAI pada kelas X di SMAN 1 Padang Gelugur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Eksperimen dengan desainpenelitian Post Test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 – X MIPA 5 SMAN 1 Padang Gelugur tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 180 0rang. Penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 36 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan nilai 81,63 dan rata-rata kelas kontrol dengan nilai 71,01. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai T hitung sebesar (3,492) > T tabel sebesar (1,994) dan P-Value (0,00) yang mana (0,00) < (0,05). Sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw dan kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran PAI pada kelas X di SMAN 1 Padang Gelugur. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh hasil nilai signifikan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw (0,00) < alpha (0,05) artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y dengan persamaan regresi sebesar -61,0192 + 1,5719 X. Maka dapat disimpulkan bahwa setiap penambahan 1% model pembelajaran cooperative tipe jigsaw akan meningkatkan hasil peserta didik dalam pembelajaran PAI sebesar 1,5719. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada guru PAI untuk menerapkan model pembelajaran cooperative tipe jigsaw. dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorRahman, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Tipe Jigsaw., Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:55
Last Modified: 26 Mar 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50944

Actions (login required)

View Item View Item