Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Las SMAW Siswa SMK Negeri 2 Payakumbuh.

Hamid, Taufiqul (2024) Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Las SMAW Siswa SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_8_TAUFIQUL_HAMID_19067014_1367_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di kelas ialah kunci terpenting keberhasilan pengajaran salah satunya model belajar yang dipakai oleh pendidik. Hasil belajar merupakan kriteria keberhasilan siswa di kelas. Khususnya nilai ujian peserta didik yang dilakukan pada akhir semester memperlihatkan penguasaan siswa yang belum memperoleh batas kriteria ketuntasan minimum (KKM),sehingga diasumsikan perolehan dengan hasil belajar las SMAWkelas XI teknologi las di SMKN 2 sumbar masih belum sesuai harapan. Penelitian ini dilakukan dengan memakai classroom action research. Subjek research yakni siswa Teknik Pengelasan kelas XI dengan 26 orang siswa. Penelitian terlaksana pada bulan Oktober-November 2023 mempunyai 3 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes pilihan ganda untuk tingkat kognitif dan lembar pengamatan proyek pada tingkat psikomotorik dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Hasil dari pengamatan siklus 1, 2 dan 3 memperlihatkan kenaikan pada hasil pembelajaran siswa dan aktivitas belajar siswa dengan adanya peningkatan antar siklus. Pelaksanaan siklus pertama memperoleh nilai 71,43 yang bergerak dengan hasil peningkatan jadi 76,73 siklus kedua dan pada siklus tiga menjadi 79,23. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 bernilai 33,46%, ada kenaikan pada siklus 2 jadi 76,92%, pada siklus tiga menjadi 88,46%. Indikator keberhasilan research yang ditetapkan yaitu 75 dengan ketuntasan klasiklal minimal 75%. Maka oleh karena itu adapun kesimpulan bahwasanya menerapankan jenis pembelajaran berbasis project based learning pada mata pembelajaran Las SMAW mampu menumbuhkan motivasi, aktivitas belajar siswa dan menaikan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorAbadi, ZainalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, LAS
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:58
Last Modified: 26 Mar 2024 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50918

Actions (login required)

View Item View Item