Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Hiasan Dinding dengan Tenon Tapestri untuk Siswa Kelas XI KKBT di SMK Negeri 4 Pariaman

Andani, Fia (2023) Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Hiasan Dinding dengan Tenon Tapestri untuk Siswa Kelas XI KKBT di SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_FIA_ANDANI_18075042_3156_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada pembelaj aran praktik pembuatan tenun tapestri siswa kelas XI KKBT di SMK Negeri 4 Pariaman masih mengalami kesulitan untuk memahami langkah dan teknik pengerj aan pembuatan biasan dinding dengan tenun tapestri yang ada pada modul. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan validitas video tutorial pembuatan hiasan dinding dengan tenun tapestri, dan 2) mendeskripsikan praktikalitas video tutorial pembuatan hiasan dinding dengan tenun tapestri untuk siswa kelas XI KKBT di SMK Negeri 4 Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research andDevelopment (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara dan angket. Instrumen penelitian yaitu dengan menggunakan lembar penilaian berupa angket yang dianalisis menggunakan skala likert. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media video tutorial pembuatan hiasan dinding dengan tenun tapestri yang telah dinyatakan layak dengan basil uji validasi ahli media diperoleh skor 96.58% dan basil uji validasi ahli materi diperoleh skor 90.71%, sehingga dapat diperoleh basil validasi media video dengan skor 93.65% dengan kategori sangat valid. Sedangkan basil uji praktikalitas dengan guru pengampu mata pelajaran tenun diperoleh skor 93.09% dengan kategori sangat praktis, dan basil uji praktikalitas berdasarkan respon siswa kelompok kecil diperoleh skor 95.9% dengan kategori sangat praktis, sedangkan basil uji praktikalitas berdasarkan respon siswa kelompok besar diperoleh skor 91.60% dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorYuliarma, YuliarmaUNSPECIFIED
CorrectorAndriani, AndrianiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:52
Last Modified: 25 Mar 2024 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50898

Actions (login required)

View Item View Item