Standarisasi Resep Masakan Khas Tradisional Randang Baluik di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar

Hakiki, Fauzan (2023) Standarisasi Resep Masakan Khas Tradisional Randang Baluik di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-1_FAUZANA_LUTHFIA_18075_5089_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya standarisasi resep randang baluik di Nagari Parambahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menstandarisasikan resep randang baluik di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar agar menghasilkan randang yang seragam dengan hasil yang terbaik juga bisa dimanfaatkan dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan wawancara langsung kepada nara sumber di Nagari Parambahan yang ahli dalam pembuatan randang baluik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan karya melalui proses kegiatan dalam pembuatan randang baluik mulai dari mengumpulkan data, perencanaan desain, implementasi (ujicoba), dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh resep randang baluik meliputi bahan dan jumlah yang digunakan, alat, cara membuat, dan kualitas dari randang baluik. Dari resep randang baluik inilah yang dijadikan standarisasi resep randang baluik yang telah dikonversikan. Kualitas randang baluik yang baik meliputi: warna randang baluik (hijau tua cenderung hitam), rasa randang baluik (perpaduan rasa pedas, asin, dan asam yang pas menghasilkan cita rasa yang gurih), bentuk daging randang baluik (tidak hancur / berbentuk), tekstur daging randang baluik (lembut), tekstur dedak randang baluik (kering dan sedikit berminyak) dan aroma randang baluik (wangi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulastri, AsmarUNSPECIFIED
CorrectorGusnita, WiwikUNSPECIFIED
CorrectorSiregar, JulianaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:51
Last Modified: 25 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50896

Actions (login required)

View Item View Item