Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Long Passing Sepak Bola Pemain SSB Persiwori Wonosari Kabupaten Pasaman Barat

Yuda, Nabian Ahmad (2023) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Long Passing Sepak Bola Pemain SSB Persiwori Wonosari Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NABIAN_AHMAD_YUDA_19086214_6064_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini rendahnya kemampuan long passing Pemain SSB Persiwori Wonosari Kabupaten Pasaman Barat. Rendahnya prestasi kemungkinan disebabkan oleh beberapa variabel, seperti daya ledak otot tungkai, koordinasi mata kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan long passsing. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemain SSB Persiwori Wonosari Kabupaten Pasaman Barat yang aktif mengikuti latihan sebanyak 18 orang. Penarikan sampel dilakukan secara total sampling sehingga sampel sebanyak 18 orang. Untuk memperoleh data, daya ledak otot tungkai dilakukan dengan tes Standing board jump dengan tiga kali percobaan, koordinasi matakaki dilakukan tes menendang bola ke tembok sasaran sebanyak 10 kali kaki kiri dan 10 kali kaki kanan, sedangkan tes kemampuan long passing dengan dilakukan dengan kaki terkuat dengan 3 kali tendangan. Analisis data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis product moment. Hasil analisis data penelitian ini diperoleh: 1) Terdapat hubungan signifikan daya ledak otot tungkai dengan kemampuan long passing kontribusinya 64%. 2) Terdapat hubungan signifikan koordinasi matakaki dengan kemampuan long passing kontribusinya 51%. 3) Terdapat hubungan yang signifikan daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki secara bersama-sama terhadap kemampuan long passing Pemain SSB Persiwori Wonosari Kabupaten Pasaman Barat kontribusinya sebesar 71%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorYulifri, YulifriUNSPECIFIED
CorrectorArnando, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HUBUNGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:15
Last Modified: 25 Mar 2024 06:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50888

Actions (login required)

View Item View Item