Fiqri, Husnul
(2024)
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XII di SMK Semen Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa SMK dalam mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur berbasis CAD yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu model pembelajaran yang belum bervariasi, dibuktikan dengan Hasil Belajar siswa pada tahun ajaran 2022/2023 belum keseluruhan mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang terjadi pada hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur kelas XII di SMK Semen Padang.
Jenis penelitian adalah Eksperimen semu (Quasy experimental) dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian melibatkan 20 orang siswa kelas eksperimen dan 20 orang siswa kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan soal pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar pada ranah pengetahuan (kognitif) dan penilaian kinerja siswa untuk mengetahui hasil belajar pada ranah keterampilan (psikomotor) analisis data awal untuk mengetahui rata-rata kelas yang akan digunakan untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Analisis data akhir yang digunakan yaitu uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek . Hasil uji T yang diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004 untuk nilai Post-test dan 0,027 unutuk nilai psikomotor yang mana nilai Probability Sig (2 tailed) lebih kecil dari Signifikasi 0.05. Ini membuktikan model pembelajaran berbasis proyek dapat mempengaruhi hasil belajar untuk lebih baik.
Actions (login required)
|
View Item |