Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XII di SMK Semen Padang

Fiqri, Husnul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur Kelas XII di SMK Semen Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Husnul_Fiqri_19067051_1323_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa SMK dalam mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur berbasis CAD yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu model pembelajaran yang belum bervariasi, dibuktikan dengan Hasil Belajar siswa pada tahun ajaran 2022/2023 belum keseluruhan mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang terjadi pada hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur kelas XII di SMK Semen Padang. Jenis penelitian adalah Eksperimen semu (Quasy experimental) dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian melibatkan 20 orang siswa kelas eksperimen dan 20 orang siswa kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan soal pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar pada ranah pengetahuan (kognitif) dan penilaian kinerja siswa untuk mengetahui hasil belajar pada ranah keterampilan (psikomotor) analisis data awal untuk mengetahui rata-rata kelas yang akan digunakan untuk penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data akhir yang digunakan yaitu uji T. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek . Hasil uji T yang diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,004 untuk nilai Post-test dan 0,027 unutuk nilai psikomotor yang mana nilai Probability Sig (2 tailed) lebih kecil dari Signifikasi 0.05. Ini membuktikan model pembelajaran berbasis proyek dapat mempengaruhi hasil belajar untuk lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorNabawi, Rahmat AzisUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:13
Last Modified: 25 Mar 2024 06:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50885

Actions (login required)

View Item View Item