Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pad Mata Pelajaran Pemeliharan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI di SMK N 5 Padang

Arsyad, Dora (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pad Mata Pelajaran Pemeliharan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Kelas XI di SMK N 5 Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_09_Dora_Arsyad_19073083_1441_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pada abad 21 ini pada dasarnya telah dimasukkan ke dalam sistem kurikulum dalam sistem pendidikan Indonesia. Kurikulum menuntut pembelajaran yang lebih berfokus pada siswa (student centered). Artinya peserta didik yang berperan aktif dalam pembelajaran, dengan aktifnya peserta didik dalam belajar mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran, hal ini nantinya akan sejalan dengan pencapaian hasil belajar peserta didik, namun kenyataannya masih banyak peserta didik yang memiliki nilai dibawah KKM, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan kelas XI SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Rancangan penelitan ini adalah Pretest-Posttest Nonquivalent Control Group Design. Teknik pemilihan sampel penelitian ini adalah Teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian terdiri atas dua kelas sampel, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang terdiri atas 26 orang setiap kelasnya Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, hal ini terlihat dari hasil hipotesis dimana didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menandakan H0 ditolak dan H1 diterima, dan terdapat pengaruh yang model Pembelajaran Problem Based Learning di SMK N 5 Padang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDWagino, WaginoUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMaksum, HasanUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:39
Last Modified: 22 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50870

Actions (login required)

View Item View Item