Hubungan Interaksi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Hasil Belajar Hidrolika Mahasiswa Departemen Teknik Sipil FT UNP.

Nadawina, Nadia (2024) Hubungan Interaksi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Hasil Belajar Hidrolika Mahasiswa Departemen Teknik Sipil FT UNP. Masters thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_5_NADIA_NADAWINA_21138033_224_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi, terlihat bahwa sebagian mahasiswa mengalami kesulitan memahami konsep dalam mata kuliah Hidrolika. Hal ini terbukti dari nilai Ujian Tengah Semester, dimana 15,9% mahasiswa masih mendapat nilai Cukup. Meskipun Ujian Tengah Semester diharapkan mencerminkan pemahaman optimal, kenyataannya masih ada 15,9% mahasiswa yang tidak mencapai hasil yang optimal. Faktor-faktor penyebab meliputi pemahaman kurang terhadap konsep dasar hidrolika, keterampilan matematika yang kurang, kurangnya interaksi dalam pembelajaran, dan kesulitan mahasiswa mengembangkan pengetahuan secara kritis. Penelitian ini bertujuan mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar hidrolika, yaitu Interaksi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional, meneliti hubungan antara Interaksi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Hasil Belajar Hidrolika. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes yang disebarkan kepada 50 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Hidrolika. Analisis regresi linear digunakan untuk menilai pengaruh variabel Interaksi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Hidrolika mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan hubungan signifikan antara Interaksi Belajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Hasil Belajar Hidrolika. Ini menekankan bahwa Interaksi Belajar yang efektif, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Teknik Sipil di FT UNP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INTERAKSI BELAJAR, TEKNOLOGI INFORMASI, HASIL BELAJAR HIDROLIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:10
Last Modified: 22 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50863

Actions (login required)

View Item View Item