Kontribusi Persepsi Mahasiswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Alat Berat Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang.

Zakhiha, Nenden Azka (2024) Kontribusi Persepsi Mahasiswa Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Teknologi Alat Berat Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_NENDEN_AZKA_ZAKHIHA_19073095_44_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontribusi persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran partisipatif berbasis e-learning terhadap hasil belajar Teknologi Alat Berat Departemen Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana hubungan antara pelaksanaan pembelajaran partisipatif berbasis e-learning terhadap hasil belajar Teknologi Alat Berat di Departemen Teknik Otomotif UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Teknik Otomotif UNP yang telah mengambil matakuliah Teknologi Alat Berat pada semester Juli-Desember tahun 2022. Data diperoleh dari penyebaran angket dengan responden sebanyak 60 orang, di mana 40 orang merupakan mahasiswa S1 dan 20 orang merupakan mahasiswa D3. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Pelaksanaan pembelajaran partisipatif berbasis e-learning (X) berkontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar Teknologi Alat Berat (Y). Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu signifikansi dari korelasi ini adalah 0.000, yang kurang dari tingkat signifikansi 0.05. Artinya korelasi tersebut dapat dianggap signifikan secara statistik. Nilai kedua variabel menunjukkan koefisien korelasi 0.714, yang berada pada taraf korelasi kuat. Besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y adalah dengan persentase sebesar 51%. Dapat disimpulkan bahwa variabel pembelajaran partisipatif berbasis e-learning memberi kontribusi yang cukup signifikan terhadap hasil belajar Teknologi Alat Berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PARTISIPATIF, E-LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:34
Last Modified: 22 Mar 2024 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50862

Actions (login required)

View Item View Item