Pengaruh Model Problem Based Learning tehadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya

Karmila, Karmila (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning tehadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_KARMILA_19016165_4280_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya sebelum dan setelah menggunakan model problem based learning. Kemudian menentukan pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen semu yang menggunakan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya tahun peajaran 2022/2023 yang berjumlah 102 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel-variabel dalam penelitian ini, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan setelah menggunakan model problem based learning. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksposisi. Selanjutnya skor dianalisis dengan Liliefors serta dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t. Berdasarkan hasil One Group Pretest Posttest dan uji hipotesis diperoleh bahwa rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model problem based learning. Keterampilan menulis teks eksposisi setelah menggunakan model problem based learning berada pada klasifikasi Baik dengan rata-rata nilai 81,85. Jika dibandingkan dengan nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya sebelum menggunakan model problem based learning lebih rendah dan berada pada klasifikasi Cuku dengan nilai rata-rata 64,26. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa hipotesis (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan dk = (n-1) karena thitung > ttabel (4,94>1,69). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Lembang Jaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:09
Last Modified: 22 Mar 2024 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50848

Actions (login required)

View Item View Item