Tinjauan Produktivitas Alat Berat pada Pekerjaan Galian Tanah Biasa Studi Kasus Proyek Pembangunan Pasar Raya Kota Padang

Firnandi, Firnandi (2024) Tinjauan Produktivitas Alat Berat pada Pekerjaan Galian Tanah Biasa Studi Kasus Proyek Pembangunan Pasar Raya Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_FIRNANDI_20062023_179_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas alat berat adalah kondisi cuaca. Saat observasi dilapangan, penulis melihat kondisi medan pada pekerjaan penggalian tanah biasa tersebut basah karena kondisi cuaca hujan. Kondisi hujan saat itu mempersulit proses pekerjaan penggalian tanah biasa sehingga pekerjaan tersebut ditunda karena hal tersebut dapat membahayakan. Saat kondisi hujan alat berat excavator sulit untuk melakukan proses penggalian karena medan menjadi licin dan berbahaya. Alat berat dump truck pun sulit untuk melewati medan yang basah dan licin sehingga proses penggalian tanah terhenti. Hal ini menyebabkan produktivitas kedua alat berat pada pekerjaan galian di Proyek Pembangunan Pasar Raya Kota Padang tersebut tidak efesien dan durasi pekerjaan bertambah sehingga tidak sesuai dengan perencanaan awal pada proyek tersebut. Kemudian penulis juga melihat kalau medan kerja pada pekerjaan galian ini cukup sulit karena curam dan menurun. Saat ingin muat, dump truck harus berjalan mundur di medan yang curam dan menurun untuk sampai ke tempat muat sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan. Hal ini juga menyebabkan produktivitas tidak efesien. Berdasarkan hal tersebut, tujuan proyek akhir ini adalah untuk mengetahui besar produktivitas alat berat excavator dan dump truck, kebutuhan alat berat, durasi waktu, dan biaya pengoperasian alat berat pada Proyek Pembangunan Pasar Raya Kota Padang. Jenis metode yang digunakan pada proyek akhir ini adalah studi kasus dengan melakukan tinjauan lapangan langsung dalam proses pengumpulan data dan melakukan perhitungan menggunakan rumus produktivitas serta biaya pengoperasian alat berat. Data yang diperoleh berupa jumlah volume galian tanah biasa, jenis alat yang digunakan pada pekerjaan galian. Selain itu, terdapat data waktu siklus dari alat berat excavator dan dump truck yang didapatkan berdasarkan pengamatan langsung di lapangan menggunakan stopwatch. Dari pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai produktivitas alat berat excavator sebesar 25,93 m3 /Jam dengan jumlah alat yang digunakan sebanyak 1 unit. Untuk nilai produktivitas alat berat dump truck diperoleh sebesar 3,121 m3 /Jam dengan jumlah alat yang digunakan sebanyak 8 unit. Kemudian diperoleh durasi pekerjaan galian pada Proyek Pembangunan Pasar Raya Kota Padang selama 34 hari. Sedangkan pada perhitungan proyek diperoleh jumlah alat berat yang digunakan adalah 1 unit excavator dan 13 unit dump truck dengan durasi pekerjaan galian yang diperoleh selama 15 hari. Adapun biaya pengoperasian alat berat excavator yang diperoleh sebesar Rp.417.856,46/Jam dan dump truck sebesar Rp.296.898,58/Jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwida, NidalUNSPECIFIED
CorrectorArifin, Ari Syaiful RahmanUNSPECIFIED
CorrectorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ALAT BERAT, EXCAVATOR, DUMP TRUCK
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:12
Last Modified: 21 Mar 2024 06:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50825

Actions (login required)

View Item View Item