Pengaruh Model Pembelajaran Argument DrivenInquiry (ADI)terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang

Mawaddah, Indahhul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Argument DrivenInquiry (ADI)terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_INDAHHUL_MAWADDAH_19031171_1050_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada abad 21 peserta didik harus memiliki keterampilan agar dapat bersaing serta dapat menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai oleh setiap peserta didik guna menghadapi tantangan abad 21 yaitu kemampuan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPA di SMAN 2 Padang Panjang masih tergolong sangat rendah. Hal ini terjadi karena pada proses pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered). Maka dari itu diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Argumen Drivent Inquiry (ADI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven inquiry (ADI) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMAN 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest- Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Padang Panjang yang terdiri dari empat kelas. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yangditentukan dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan adalahlembar tes keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk uraian. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitiandiperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan nilai rata-rata tes berpikir kreatif kelas eksperimen (71,75) dan kelas kontrol (56,36).Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitunglebihbesardarinilaittabelyaitu thitung(9,1) > ttabel (1,67). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMAN 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiayah, Sa'diatulUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ARGUMENT DRIVEN INQUIRY, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:29
Last Modified: 21 Mar 2024 04:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50821

Actions (login required)

View Item View Item