Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Biologi secara Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Rao Pasaman.

Juwita, Irma (2024) Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Biologi secara Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Rao Pasaman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_3_IRMA_JUWITA_17031150_89_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 pembelajaran biologi yang sebelumnya dilakukan secara online kembali dilakukan secara tatap muka sehingga menyebabkan adanya perbedaan persepsi pada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Rao Pasaman. Perbedaan persepsi pada peserta didik terhadap pembelajaran biologi secara tatap muka pasca pandemi Covid-19 ini berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang dapat ditinjau dari motivasi belajar peserta didik, proses pembelajaran yang diharapkan peserta didik serta pelaksanaan pemebelajaran biologi secara tatap muka pasca pandemi Covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran biologi secara tatap muka pasca pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Rao Pasaman. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Sampel penelitiannya merupakan seluruh peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Rao Pasaman sebanyak 108 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang sudah divalidasi berjumlah 25 pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persepsi peserta didik terhadap pembelajaran biologi secara tatap muka pasca pandemi Covid-19 dikategorikan baik (74%). Persepsi peserta didik tentang motivasi belajar pada pembelajaran biologi secara tatap muka pasca pandemi Covid-19 dikategorikan baik (76%). Persepsi peserta didik terhadap proses pembelajaran biologi yang diharapkan dikategorikan baik (73%), serta persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi yang terjadi dikategorikan baik (73%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki persepsi yang baik terhadap pembelajaran biologi secara tatap muka pasca pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Rao Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BIOLOGI, TATAP MUKA, PASCA PANDEMI.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:56
Last Modified: 19 Mar 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50779

Actions (login required)

View Item View Item