Persepsi Orangtua Terhadap Kegiatan Calistung Anak Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin

Kamsiah, Siti (2023) Persepsi Orangtua Terhadap Kegiatan Calistung Anak Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Tabir Kabupaten Merangin. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
B1_07_SITI_KAMSIAH_18022050_8312_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai persepsi orangtua terkait kegiatan atau pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung bagi anak usia dini, terutama anak taman kanak-kanak usia 5-6 tahun di kecamatan tabir kabupaten merangin. Hal ini diduga karena beragamnya latar belakang strata pendidikan orangtua, sehingga mengakibatkan banyaknya persepsi orangtua terhadap kegiatan membaca, menulis, dan berhitung disingkat calistung. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi orangtua terhadap kegiatan calistung pada anak usia dini, khususnya anak taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan pengisian angket oleh orangtua. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 56 orangtua dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data dari isian pernyataan angket yang diisi oleh para responden, pada pernyataan angket positif dari item membaca terdapat 2,5% orangtua menjawab setuju, pada pernyataan angket negatif terdapat 2,6% orangtua menjawab tidak setuju. Selanjutnya pada pernyataan angket positif dari item menulis terdapat 2,2% orangtua menyatakan setuju, sedangkan pada pernyataan negatif terdapat 1,9% orangtua menyatakan tidak setuju. Terakhir pada pernyataan positif dari item berhitung, terdapat 1,5% orangtua menyatakan setuju, sedangkan pada pernyataan negatif terdapat 1,8% orangtua menyatakan tidak setuju. Dari hasil pengolahan data tersebut dapat disimpulkan bahwa orangtua menyatakan setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
CorrectorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Mar 2024 05:34
Last Modified: 19 Mar 2024 05:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50776

Actions (login required)

View Item View Item