Dampak Migrasi TV Analog ke TV Digital terhadap Kebutuhan Informasi Masyarakat (Studi Deskriptif di Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang)

Oktami, Ikhsan (2023) Dampak Migrasi TV Analog ke TV Digital terhadap Kebutuhan Informasi Masyarakat (Studi Deskriptif di Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_IKHSAN_OKTAMI_19234076_4639_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak migrasi TV Analog ke TV Digital terhadap kebutuhan informasi masyarakat di RW 006 Kelurahan Air Tawar Barat Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif Data penelitian diperoleh dari hasil observasi lokasi penelitian, tinjauan pustaka, dan hasil wawancara dengan informan serta dokumentasi penggunaan perangkat TV Digital. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode atau teknik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulakan sebagai berikut. Revolusi industri 4.0 membuat informasi hadir melalui berbagai media seperti internet dan sosial media salah satunya Gawai. Indonesia sebagai pengguna gawai terbanyak ke-4 di dunia (internetworldstats.com, 2022). Internet browser seperti Google menyatakan belum ada sensor terkait benar atau tidak informasi yang ada pada penyimpanan mereka (PISA 2021: 21st-Century Readers, developing Literacy Skills in a Digital World: 3). Salah satu media untuk memperoleh informasi yang kredibel adalah televisi Tuzahra (2021). Signal TV Digital meningkatkan kecepatan layanan jaringan internet seluler dan realisasi signal 5G untuk internet (Sjuchro, 2022). Program Migrasi TV Analog ke TV Digital memiliki dampak signifikan terhadap kebutuhan masyarakat RW 006 Kelurahan Air Tawar Barat kebutuhan informasi Kognitif (Cognitif needs) berupa berita dan pengetahuan tersampaikan dengan jelas melalui gambar bersih dan suara jenih serta jumlah kanal berita bertambah. Kebutuhan informasi afektif (Affectif needs) kanal hiburan seperti olahraga dan musik telah di pisah sehingga tidak terpotong acara yang berbeda. Konvergensi media terjadi pada perangkat dan signal TV Digital yang menjadi infrastruktur layanan internet 5G di Indonesia. Migrasi TV Digital merupakan program pemerintah untuk meningkatkan interkonektivitas di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:23
Last Modified: 19 Mar 2024 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50773

Actions (login required)

View Item View Item