Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik KelasXII MIPA SMA Negeri 4 Padang.

Zakia, Annisa (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik KelasXII MIPA SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANNISA_ZAKIA_19029007_285_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 4 padang masih belum optimal, hal ini karena pembelajaran masih didominasi oleh pendidik serta model yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkankemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Padang dan menganalisis apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Dari hasil pengundian, terambil kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan analisis data kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik eksperimen selama diterapkannya model Problem Based Learning. Berdasarkan analisis data tes menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh P-value = 0,009, artinya P-value <α maka terima H_1. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XII MIPA SMA Negeri 4 Padang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MATEMATIS, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN LANGSUNG.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:42
Last Modified: 19 Mar 2024 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50764

Actions (login required)

View Item View Item