Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Menggunakan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Rahmadina, Silvia (2024) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Menggunakan Quizizz Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B1_1_SILVIA_RAHMADINA_19045043_45_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran.Kooperatif Tipe Numbered Head Together menggunakan Quizizz terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian Quasi Eksperiment dan Pretest-Pottest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling yang diartikan sebagai teknik pengambilan sampel yang dilakukan sacara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.D sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E sebagai kelas kontrol yang sama-sama berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian berupa lembar angket, observasi dan lembar soal/ pertanyaan sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengukuran statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa hasil rata-rata pretest pada kelas control adalah sebesar 40,14 dan kelas eksperimen sebesar 37,00. Hal ini menunjukkan bahwa sebelum adanya penerapan perlakuan pemahaman siswa pada materi konsep dasar ilmu geografi masih rendah. Berdasarkan perolehan nilai rata-rata posttest, didapatkan hasil kelas kontrol sebesar 69,43 dan kelas ekspermen sebesar 80,86 yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar, dimana penerapan model pembelajaran Numbered Head Together menggunakan Quizizz lebih berpengaruh terhadap hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pada peningkatan pemahaman (N-Gain) terhadap materi konsep dasar ilmu geografi didapatkan kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh sebesar 0,50. Dari uji hipotesis didapatkan nilai T hitung (4,56) > T tabel (1,99) dengan taraf signifikan (α) = 0.05 maka Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Numbered Head Together menggunakan Quizizz terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorMegriasti, LinceUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN, QUIZIZZ
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:43
Last Modified: 18 Mar 2024 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50760

Actions (login required)

View Item View Item