Clustering Data Pengunjung UPT Perpustakaan,Penerbitan dan Percetakan Universitas Negeri Padang Menggunakan Algoritma K-Means

Sari, Nanda Karmila (2024) Clustering Data Pengunjung UPT Perpustakaan,Penerbitan dan Percetakan Universitas Negeri Padang Menggunakan Algoritma K-Means. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_13_NANDA_KARMILA_SARI_19076015_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

UPT Perpustakaan, Penerbitan dan Percetakan Universitas Negeri Padang merupakan salah satu contoh perpustakaan di Universitas Negeri Padang yang merniliki banyak koleksi buku dan peminat pengunjung yang beragam, kelengkapan buku yang tersedia bagi pengunjung dan kenyamanan saat membaca serta pencarian buku sangat mempengaruhi jumlah pengunjung. Banyak pengguna fungsi pencarian yang dapat diakses untuk memahami informasi yang tersembunyi di dalam data tersebut. Atribut data yang akan digunakan adalah bulan kunjungan, fakultas, dan golongan koleksi yang dipinjam. Hasil dan pengolahan data pengunjung ini yaitu menghasilkan 4 cluster data yang bertujuan untuk membantu pihak UPT Perpustakaan, Penerbitan dan Percetakan Universitas Negeri Padang agar memudahkan dalam proses perencanaan untuk meningkatkan mutu perpustakaan. Algoritma K-Means dan aplikasi RapidMiner digunakan dalam teknik pengelompokan penelitian ini. Dengan menerapkan algoritma k-means pada proses klasterisasi data UPT Perpustakaan, Penerbitan, dan Percetakan Universitas Negeri Padang, maka dapat diidentifikasi dan ditentukan jumlah cluster yang sesuai serta parameter-parameternya berdasarkan karakteristik masing-masing cluster.Setelah dilakukan pengolompokan data pengunjung perpustakaan menggunakan metode k-means, clustering terbentuk empatcluster yaitu cluster satu dengan jumlah 192 items, cluster dua dengan jumlah 192 items, cluster tiga dengan jumlah 288 items dan clusterempat dengan jumlah 384 items.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHendriyani, YekaUNSPECIFIED
CorrectorBudayawan, KhairaniUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DATA PENGUNJUNG, KLASTERING, K-MEANS, RAPID MINER, DATA MINING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:17
Last Modified: 18 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50747

Actions (login required)

View Item View Item