Pengaruh Media Trainer Elektro Pneumatik pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Industri untuk Elemen Sistem Kendali Industri di SMK Negeri 5 Padang

Kalid, Muhammad Farel (2024) Pengaruh Media Trainer Elektro Pneumatik pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Industri untuk Elemen Sistem Kendali Industri di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_MUHAMMAD_FAREL_KALID_19065072_705_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian inimerupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimentalmenggunakan model Posttest Only control design. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh trainer elektro pneumatik pada mata pelajaran teknik elektronika industri untuk elemen sistem kendali industri di SMK negeri 5 padang. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri (TEI) yang berjumlah 28 orang siswa, dimana sebanyak 14 siswa dikelompokkan menjadi kelas eksperimen sedangkan 14 siswa dikategorikan menjadi kelas kontrol. Hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% (2-tailed), diperoleh t_hitung(6,525) >t_tabel (2,056). Maka terbukti hipotesis nihil atau H_0nya ditolak dan hipotesis yang menyatakan “Terdapat Pengaruh Media Trainer Elektro Pneumatik Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Industri Untuk Elemen Sistem Kendali Industri di SMK Negeri 5 Padang” diterima. Artinya dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan media trainer elektro pneumatik berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan media simulasi berbasis software yaitu dengan pengaruh sebesar 8,13%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa dengan adanya pengaruh media trainer elektro pneumatik pada proses pembelajaran telah membantu meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
CorrectorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRAINER, ELEKTRO PNEUMATIK, PLC, SISTEM KENDALI INDUSTRI
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:17
Last Modified: 18 Mar 2024 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50746

Actions (login required)

View Item View Item