Ananda, Reski
(2023)
Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas
V SDN 08 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang ditemukan di sekolah
yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah, model pembelajaran Mind Mapping
yang belum pernah digunakan, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan
RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat
membangkitkan keaktifan dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendreskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
tematik terpadu dengan model Mind Mapping.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan
dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1
pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan
peserta didik Kelas V SDN 08 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dengan
jumlah 11 orang peserta didik yang terdiri dari 7 perempuan dan 4 laki-laki.
Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa hasil pengamatan,
tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada :
perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 81,95% (B) meningkat di
siklus II 94,45 (SB). Pada pelaksanaan aspek guru siklus I memperoleh nilai ratarata
88,64% (SB) kemudian meningkat di siklus II menjadi 97,73% (SB). Pada
pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 85,23 dan
meningkat di siklus II menjadi 95,46%. Pada aspek hasil belajar peserta didik
siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,10 dan meningkat di siklus II menjadi 81,47
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik
dalam pembelajaran tematik terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |