Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 08 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar

Ananda, Reski (2023) Penerapan Model Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 08 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_RESKI_ANANDA_18129032_8296_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang ditemukan di sekolah yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah, model pembelajaran Mind Mapping yang belum pernah digunakan, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendreskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Mind Mapping. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 08 Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 11 orang peserta didik yang terdiri dari 7 perempuan dan 4 laki-laki. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada : perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 81,95% (B) meningkat di siklus II 94,45 (SB). Pada pelaksanaan aspek guru siklus I memperoleh nilai ratarata 88,64% (SB) kemudian meningkat di siklus II menjadi 97,73% (SB). Pada pelaksanaan aspek peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 85,23 dan meningkat di siklus II menjadi 95,46%. Pada aspek hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,10 dan meningkat di siklus II menjadi 81,47 Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorLena, Mai SriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:08
Last Modified: 15 Mar 2024 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50726

Actions (login required)

View Item View Item